hello adek-adek kembali lagi kita pada materi Operasi Dasar Bilangan Bulat
Matematika pada artikel ini, akan dijelaskan cara untuk Bilangan
positif dan Bilangan Negatif, Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat,
penjumlahan bilangan bulat, pengurangan bilangan bulat, dan perkalian
bilangan bulat.
Bilangan positif dan Bilangan Negatif
Di sekolah dasar kamu telah mempelajari bilangan dan sifat-sifatnya. Di
antaranya adalah bagaimana membilang banyak benda.Banyak benda tersebut
kemudian dinyatakan dengan bilangan 0, 1, 2, 3, dan seterusnya sesuai dengan
banyak bendanya. Karena itu, bilangan 0, 1, 2, 3, ... disebut bilangan
cacah. Apakah semua situasi dapat dilambangkan dengan bilangan cacah?
Sebagai contoh, dapatkah bilangan cacah digunakan untuk menjelaskan posisi
seekor burung yang hinggap di puncak tiang layar sebuah perahu nelayan yang
tingginya 3 meter, dan posisi pemilik perahu tersebut yang sedang menyelam
di kedalaman 3 meter? Posisi 3 meter di atas permulaan laut dapat
dilambangkan dengan +3, atau disingkat 3. Karena jarak 3 meter di atas
permukaan laut sama dengan 3 meter di bawah permukaan laut, posisi 3 meter
di bawah permukaan laut dilambangkan dengan -3. Bilangan +3 atau 3 dibaca
positif 3 dan bilangan -3 dibaca negatif 3. Garis bilangan himpunan bilangan
bulat digambarkan seperti berikut.
silahkan kerjakan tugas dirumah pada materi diatas:
Tugas 1
gambarlah sebuah bilangan berikut:
* bilangan -9 Tandailah letak bilangan berikut pada garis bilangan
tersebut.
* bilangan -10 Tandailah letak bilangan berikut pada garis bilangan
tersebut.
* bilangan -12 Tandailah letak bilangan berikut pada garis bilangan
tersebut.
* bilangan 9 Tandailah letak bilangan berikut pada garis bilangan
tersebut.
* bilangan 11 Tandailah letak bilangan berikut pada garis bilangan
tersebut.
Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat
Perhatikan 3 dan -3 pada garis bilangan berikut.
Berapa satuankah jarak dari 0 ke 3? Berapa satuankah jarak dari 0 ke -3?
Dua bilangan disebut berlawanan apabila berjarak sama dari 0 pada garis
bilangan, tetapi arahnya berlawanan. Bilangan apalagi yang saling
berlawanan?
Ingat
= dibaca sama dengan
< dibaca kurang dari
> dibaca lebih dari
keterangan Pada garis bilangan:
• Semakin ke kanan, nilai bilangan semakin besar.
• Semakin ke kiri, nilai bilangan semakin kecil nilai.
Tugas 2
soal 1
bandingkalah nilai siswa kelas XI-A pada matapelajaran matematika yaitu:
* ani mendapat nilai 80 dan dudi mendapat 70
* sisi mendapat nilai 97,59 dan dedi mendapat 97,7
* pipi mendapat nilai 89 dan dudi mendapat nilai 11
* Velik mendapat nilai 90 dan jeni mendapat 90,9
* rodi mendapat nilai 56 dan sisi mendapat nilai 55
soal 2
Gantilah tanda dalam kotak dengan <, >, atau =.
Penjumlahan Bilangan Bulat
Misalkan, tim sepak bola kelasmu bulan lalu kemasukan 5 gol. Bulan ini
karena kurang kerjasama, tim kelasmu juga kemasukan 3 gol. Suatu model yang
disebut keping aljabar dapat digunakan untuk memperagakan situasi di atas.
Misalkan satu keping yang berwarna biru mewakili -1. Situasi di atas dapat
diperagakan sebagai berikut.
Bilangan berapakah yang dapat diisikan pada titik-titik di atas ?
penyelesaian:
-5 + (-3) = - 8
keterangan:
Untuk menjumlahkan dua bilangan bulat positif, misalnya (-5) + (-3) dapat
dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:
1. Tambahkan kedua bilangan tanpa memperhatikan tanda negatif, yaitu 5 + 3
= 8. Kemudian beri tanda negatif pada hasil di atas, yaitu -8. Jadi (-)(5
+ 3) = -8
2. Bila menggunakan garis bilangan, mulailah dari nol. Kemudian bergerak
lima satuan ke kiri sehingga mencapai posisi bilangan -5 dan dilanjutkan
tiga satuan ke kiri sehingga mencapai bilangan -8. Jadi (-5) + (-3) = -8.
Tugas 3
a. 12 + 9 = . . .
b. -23 + 14 = . . .
c. 36 + (-49) = . . .
d. -89 + (-25) = . . .
e. 124 + 0 = . . .
Pengurangan Bilangan Bulat
Di sebuah rumah makan terdapat dua buah lemari es. Lemari es pertama
suhunya adalah 5⁰C, sedangkan lemari es kedua suhunya 2⁰C. Berapa derajatkah
selisih suhu kedua lemari es?
Model atau keping aljabar yang telah digunakan untuk penjumlahan digunakan
juga untuk pengurangan.
Jadi, 5 – 2 = 3. Artinya beda suhu kedua lemari es adalah 3⁰C. Periksa 5 +
(-2) menggunakan garis bilangan dan keping aljabar . Banding hasilnya dengan
hasil dari 5 - 2.
Tugas 4
a. 34 - 13 = . . .
b. -76 – 45 = . . .
c. 34 – (-59) = . .
d. -148 + (-101) = . . .
e. e. -36 + 32 = . . .
f. - 18 – (-57) = . . .
Perkalian Bilangan Bulat
Misal seorang penyelam mutiara menyelam dengan kecepatan 2 m per detik
menuju dasar laut selama 3 detik. Posisi penyelam tersebut dapat ditunjukkan
dengan garis bilangan vertikal.
a. Dimanakah posisi penyelam setelah 3 detik?
b. Bilangan bulat manakah yang melambangkan posisi si
penyelam?
Penjumlahan berulang atau perkalian dapat digunakan untuk menunjukkan
gerakan si penyelam seperti berikut.
Jadi, setelah 3 detik penyelam tersebut akan berada 6 meter di bawah
permukaan laut. Pada garis bilangan ditunjukkan oleh bilangan -6.
Keterangan:
Hasil perkalian dua bilangan bulat bertanda sama adalah bilangan bulat
positif.
Hasil perkalian bilangan bulat berbeda tanda adalahbilangan bulat
negatif.
Hasil kali sembarang bilangan bulat dengan nol adalah nol.
Tugas 5
Selanjutnya, salin dan lengkapi perkalian berikut. Perhatikan pola yang ada
pada hasilkali tersebut. Pola ini dapat digunakan untuk menentukan tanda
dari hasilkali dua bilangan negatif.
a. 13 × 4 = . . .
b. 24 × (-12) = . . .
c. -8 × 24 = . . .
d. -25 ×(14) = . . .
-15 × 0 = . . .
Perkalian Bilangan Bulat
Salin dan lengkapi pembagian berikut untuk menentukan
tanda hasil bagi bilangan bulat.
a. 16 : 4 = 4
b. 12 : 4 = 3
c. 8 : 4 = 2
d. 4 : 4 = 1
e. 0 : 4 = 0
f. -4 : 4 = -1
g. -8 : 4 = -2
h. -12 : 4 = -3
Hasil pembagian dua bilangan bulat bertanda sama adalah bertanda
positif
Hasil pembagian dua bilangan bulat berbeda tanda adalah bertanda
negatif.
Post a Comment for "Operasi Dasar Bilangan Bulat Tingkat Sekolah Dasar"