Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Mencari Nilai Validitas Secara Manual Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Validitas

Pengertian Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya (Azwar 1986). Pengertian Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukan tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrumen. Prinsip validitas adalah pengukuran atau pengamatan yang berarti prinsip keandalan instrumen dalam mengumpulkan data. Instrumen harus dapat mengukur apa yang seharusnya diukur. Jadi validitas lebih menekankan pada alat pengukuran atau pengamatan. Dalam suatu penelitian yang melibatkan variabel atau konsep yang tidak bisa diukur secara langsung. Masalah validitas menjadi tidak sederhana, di dalamnya juga menyangkut penjabaran konsep dari tingkat teoritis sampai tingkat empiris (indikator). Namun bagaimanapun tidak sederhananya suatu instrumen penelitian harus valid agar hasilnya dapat dipercaya.

Bentuk Validitas Menurut Para Ahli

Menurut Ebel (dalam Nazir 1988)

  • Concurrent Validity adalah validitas yang berkenaan dengan hubungan antara skor dengan kinerja. 
  • Construct Validity adalah validitas yang berkenaan dengan kualitas aspek psikologis apa yang diukur oleh suatu pengukuran serta terdapat evaluasi bahwa suatu konstruk tertentu dapat dapat menyebabkan kinerja yang baik dalam pengukuran.
  • Face Validity adalah validitas yang berhubungan apa yang nampak dalam mengukur sesuatu dan bukan terhadap apa yang seharusnya hendak diukur.
  • Factorial Validity dari sebuah alat ukur adalah korelasi antara alat ukur dengan faktor-faktor yang yang bersamaan dalam suatu kelompok atau ukuran-ukuran perilaku lainnya, dimana validitas ini diperoleh dengan menggunakan teknik analisis faktor.
  • Empirical Validity adalah validitas yang berkenaan dengan hubungan antara skor dengan suatu kriteria. Kriteria tersebut adalah ukuran yang bebas dan langsung dengan apa yang ingin diramalkan oleh pengukuran.
  • Intrinsic Validity adalah validitas yang berkenaan dengan penggunaan teknik uji coba untuk memperoleh bukti kuantitatif dan objektif untuk mendukung bahwa suatu alat ukur benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur.
  • Predictive Validity adalah validitas yang berkenaan dengan hubungan antara skor suatu alat ukur dengan kinerja seseorang di masa mendatang.
  • Content Validity adalah validitas yang berkenaan dengan baik buruknya sampling dari suatu populasi.
  • Curricular Validity adalah validitas yang ditentukan dengan cara menilik isi dari pengukuran dan menilai seberapa jauh pengukuran tersebut merupakan alat ukur yang benar-benar mengukur aspek-aspek sesuai dengan tujuan instruksional.

Jenis-jenis Validitas

Tujuan didalam sebuah penelitian ialah untuk mecari kebenaran. Dalam usaha itu soal validitas merupakan aspek yang sangat penting. Kebenaran hanya bisa diperoleh dengan instrumen yang terbilang valid. Maka dikatakan valididitas karena merupakan esensi kebenaran dari hasil penelitian. Validitas dipandang sebagai konsep yang paling penting dalam sebuah penelitian. Dalam tiap penelitian selalu dipertanyakan validitas alat yang digunakan. Oleh kaarena itu untuk membuat instrumen yang valid perlu mendapat perhatian setiap peneliti. Suatu alat pengukur yang dikatakan vali, apabila alat itu mengukur apa yang harus diukur oleh alat tersebut. Misalnya saja untuk mengukur berat suatu benda dengan menggunakan timbangan. Nah berikut ini beberapa jenis validitas yang ada dalam suatu penelitian yaitu :

Validitas Isi

Maksud dari jenis validitas isi ini ialah bahwa isi atau bahan yang diuji relevan dengan kemampuan pengetahuan, pelajaran, pengalaman atau latar belakang orang yang diuji. Jika misalnya kita uji bahan yang ada diluar yang dipelajari maka tesnya itu tidak mempunyai validitas isi.

Validitas Prediktif

Maksud dari jenis validitas ini ialah adanya kesesuaian antara ramalan ( prediksi ) tentang perilaku seseorang dengan perilaku yang nyata. Diharapkan suatu tes mempunyai nilai prediktif yang tinggi, artinya bahwa apa yang diprediksilkan oleh tes tentang perilaku seseorang memang terbukti dilakukan oleh seseorang tersebut.

Validitas Konstruk

Ada sifat-sifat yang tidak dapat langsung tampak perwujudannya dalam kelakuan masuia, misalnya kepribadian seseorang. Kepribadian terdiri dari berbagai komponen, dengan tes kepribadian kita ingin mengetahui aspek-aspek manakah yang sebenarnya kita ukur.

Validitas Eksternal

Dalam dunia penelitian sosial sudah cukup banyak alat pengkur yang diciptakan oleh para peneliti untuk mengukur gejala sosial dan alat pengukur tersebut sudah mempunyai validitas. Ini ialah jenis validitas yang diperoleh dengan cara mengorelasikan alat pengukur baru dengan tolok ukur eksternal yang berupa alat ukur yang sudah valid.

Validitas Budaya

Validitas budaya atau lebih tepatnya validitas antar budaya sangat penting bagi penelitian yang dilakukan di negara yang suku bangsanya sangat bervariasi. Selain itu penelitian yang dilakukan sekaligus dibeberapa negara dengan alat ukur yang sama, juga akan menghadapi problem validitas budaya. Suatu alat pengukur yang sudah valid untuk penelitian disuatu negara belum tentu akan valid jika digunakan dinegara lain yang memiliki budaya yang berbeda.

Validitas Rupa

Jenis validitas ini berbeda dengan jenis-jenis validitas yang telah diungkapkan diatas. Validitas rupa tidak menunjukkan apakah alat pengukur mengukur apa yang ingin diukur namun hanya menunjukkan bahwa dari segi rupanya suatu alat ukur tampakanya mengukur apa yang ingin diukur.

Langkah-Langkah Perhitungan Validitas Secara Manual:

1. Menentukan nilai ∑x 

2. Menentukan nilai ∑y

3. Menentukan nilai ∑x^2

4. Menentukan nilai ∑y^2

5. Menentukan nilai ∑xy

6. Menentukan nilai r_xy

7. mencari nilai r tabel

8. setelah diperoleh nilai r hitung dan r tabel maka kedua data di bandingkan jika r_xy > r_tabel maka disimpulkan data valid

untuk lebih jelas silahkan lihat data dibawah ini.

Post a Comment for "Pengertian, Jenis-Jenis, dan Mencari Nilai Validitas Secara Manual Lengkap Dengan Contohnya"