Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghitung Uji Reliabilitas Secara Manual

 Uji Reliabilitas

Reliabilitas dapat diartikan sebagai keandalan atau ketepatan pengukuran. Uji reliabilitas dilakukan untuk melihat sejauh mana konsistensi hasil suatu penelitian ketika dilakukan secara berulang-ulang. Semakin tinggi tingkat reliabilitasnya, maka penelitian tersebut semakin bisa diandalkan.

Indikator dari reliabilitas adalah nilai alpha cronbach’s. Umumnya, sebuah instrumen penelitian dikatakan reliabel ketika mencapai angka minimal 0,70. Untuk dapat mengetahui tingkat reliabilitas, maka digunakan rumus: reliabilitas = (jumlah item/jumlah item-1) (1- jumlah varians/varians total).

Dalam SPSS, uji reliabilitas dapat dilakukan pada menu Analyze, masuk ke Scale, dan pilih Reliability Analysis. Masukkan seluruh item dan pilih model Alpha, kemudian klik OK. Maka hasilnya akan langsung terlihat.

Hubungan Validitas dan Reliabilitas

Kedua hal ini tidak selalu berbanding lurus tetapi saling melengkapi. Suatu penelitian yang reliabel belum tentu valid. Tetapi penelitian yang valid seringkali juga reliabel. Karena itu, uji validitas dan reliabilitas perlu dilakukan secara keseluruhan, tidak bisa hanya salah satunya.

Sebelumnya, data kuesioner yang dikumpulkan dan digunakan untuk diuji hasilnya harus terlebih dulu valid. Salah satu cara mengeceknya adalah dengan memastikan tidak ada pertanyaan yang membingungkan dan memunculkan persepsi berbeda bagi responden. Misalnya dengan menghindari adanya kunci negatif dalam pertanyaan.

Masalah sering muncul karena peneliti tidak terbiasa dengan data dan rumus-rumus yang tampak rumit. Begitu juga dengan cara input data dan urutan langkah yang harus dijalankan dari banyaknya pilihan dalam program. Nah, oleh sebab itu, menggunakan jasa konsultan penelitian dapat menjadi solusi di tengah kebingungan dan ketika  dikejar deadline.

Langkah-Langkah Menghitung Reliabilitas Secara Manual

1. Menentukan nilai varians skor tiap-tiap soal

2. Menentukan nilai jumlah varians semua soal 

3. Menentukan nilai varians total

4. Menentukan n = banyaknya soal

5. menentukan nilai r_hitung

6. membandingkan data r_hitung dengan r_tabel jika r_hitung > r_tabel maka reliabel

Post a Comment for "Menghitung Uji Reliabilitas Secara Manual"